Kalkulator Rangkaian Pembagi Tegangan

| | Tidak ada komentar
Rangkaian pembagi teganganKalkulator yang berbasiskan javascript dibawah ini dapat digunakan untuk mencari nilai komponen yang tidak diketahui terkait dengan gambar rangkaian pembagi tegangan disamping.

Output "Vout" merupakan tegangan pada resistor R2. Misalnya, untuk menentukan besar nilai resistor yang dibutuhkan untuk menghasilkan Vout sebesar 5V dengan tegangan sumber 12V dan arusnya 1mA, nilai 12 dapat dimasukkan pada bagian "Tegangan Baterai", nilai .001 dibagian "arus", dan angka 5 dibagian "Vout". Hasil perhitungan harusnya adalah 7000 untuk R1 dan 5000 untuk R2.

Untuk mencari resistansi yang diperlukan untuk dihubung seri dengan LED 2V yang bekerja pada tegangan baterai 12V dengan arus 20mA, maka anda dapat memasukkan nilai 12 pada bagian "Tegangan Baterai", .02 pada bagian "Arus", dan angka 2 pada bagian "Vout". LED akan diwakili oleh R2. Setelah anda menekan tombol "Hitung", hasil untuk R1 seharusnya adalah 500 Ω.

Kalkulator ini juga dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan disipasi daya terkait dengan gambar rangkaian diatas. Misalnya, untuk mengetahui nilai resistansi yang dihubung seri dengan dioda zener 5.1V dengan tegangan supply 15V yang beroperasi pada 1/8 watt, nilai 0.125 dapat anda masukan pada bagian "Daya R2", nilai 5.1 pada bagian "Vout", dan angka 15 pada bagian "Tegangan Baterai". Setelah anda menekan tombol "Hitung", hasil yang diperoleh untuk nilai R1 harusnya adalah 404 Ω.

Sebelum melakukan perhitungan berikutnya, sebaiknya anda menekan tombol "Reset" terlebih dahulu. Selamat Mencoba....

Tegangan Baterai : Volt
Arus : Ampere
R1 : Ω
R2 : Ω
Vout : Volt
Daya R1 : Watt
Daya R2 : Watt

Jika ada bugs, kritik, saran, ataupun pertanyaan... silahkan berkomentar... Terimakasih...

Tidak ada komentar

Posting Komentar